Kamis, 23 November 2023

Cek Motor Matic Sebelum Naik ke Lembah Manah Kopi

 Cek Motor Matic Sebelum Naik ke Lembah Manah Kopi

 

Mengambil cuti untuk beberapa hari, membuat adek aku ingin jalan-jalan ke daerah Selo. Keseharian menghadapi udara kota Semarang, seolah membuatnya rindu akan sejuknya udara pegunungan. Maka hari Selasa kemarin, aku dan adekku sengaja menyempatkan diri untuk dolan ke daerah Selo, Boyolali.

 

Sepanjang perjalanan dari Pasar Sayur Cepogo, aku dan adekku sudah menemui beberapa resto dan café. Rupanya, kian hari bisnis kuliner di Boyolali bagian atas ini semakin menjamur saja.

 


Jujur, ada kebingungan tersendiri bagi kami. Hmm, mau ke café mana? Daerah Cepogo dan Selo banyak sekali coffee shop. Mulai dari Argo Loro, My Father Coffee and Resto, Lembah Manah Kopi, D’ Selokaton, Kopi Dari Hati DKebon, dan masih banyak lagi. Hingga akhirnya aku dan adekku memutuskan untuk ke Lembah Manah Kopi saja karena tempatnya masih terbilang dekat dan sudah buka juga sedari jam 9 pagi. Kebetulan waktu itu jam 9 lebih sedikit aku dan adekku sudah sampai.

 

Lokasi Lembah Manah Kopi

Lembah Manah Kopi ini sebenarnya masih berada di Kecamatan Cepogo. Lokasinya tidak jauh dari Cepogo Cheese Park. Atau lebih tepatnya berada di Desa Sembung, Genting, Cepogo Boyolali.

 

Meskipun tidak berada tepat di pinggir jalan utama, tapi lokasi Lembah Manah Kopi ini terbilang strategis dan mudah dijangkau. Masuknya sekitar 50 meteran dari jalan utama. Mudah dijangkau dengan sepeda motor ataupun mobil.

 


Lembah Manah Kopi ini juga cukup luas. Lokasi parkirnya luas. Selain itu fasilitasnya juga lengkap, ada toilet dan musholla yang tidak menyatu dengan cafenya (berada disebelah café). Ada akses Wi-Fi juga, stop kontak (cocok juga loh bawa laptop dan kerja atau ngerjain tugas dari Lembah Manah Kopi).

 

Oh ya, di Lembah Manah Kopi juga ada live musicnya. Selain itu, Lembah Manah Kopi juga menawarkan area indoor, semi outdoor,  maupun outdoor. Cocok untuk nongkrong bareng keluarga ataupun teman. View yang ditawarkan Lembah Manah Kopi ini adalah pemandangan 3 pegunungan, yaitu : Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Lawu.

 


Makanan dan minuman yang ditawarkan di Lembah Manah Kopi juga cukup beragam. Untuk minumannya bukan hanya kopi saja, melainkan juga ada non kopi seperti wedangan, teh, jus, dan yang lainnya. Harganya mulai dari 20 ribuan.

 


Sementara makanannya juga beragam, seperti : gorengan, makanan western, makanan jepang, brunch, makanan arabian, makanan Italian, bakmi, dimsum, dan yang lainnya.

 

View perjalanan ke Lembah Manah Kopi

View yang memanjakan mata bukan hanya ditemui di Lembah Manah Kopi saja. Melainkan, perjalanan ke Lembah Manah Kopi pun viewnya cukup memanjakan mata. Karena saya dari Boyolali, secara dong lewat Irung Petruk yang jalannya cukup legendaris.

 

View pegunungan memang indah, udaranya juga sejuk. Akan tetapi, perjalanannya cukup ekstrem, menanjak, dan juga berkelok. Untuk menuju ke Lembah Manah Kopi, tentunya diperlukan kendaraan yang cukup ‘waras’ agar perjalanan aman, nyaman, dan lancar.

 

Dan waktu aku dan adekku ke Lembah Manah Kopi kemarin, aku membawa motor matic. Cukup berani memang… hehehe 😊 Mana motor maticnya motor Beat yang cc-nya rendah. Sebenarnya sih agak was-was, bakalan kuat nanjak atau tidak, akan tetapi aku sudah cukup tahu medannya. Jadi ya, aman.

 

Selain itu, sebelum memutuskan melakukan perjalanan naik gunung menggunakan motor matic, sudah dipastikan dong aku mengecek keadaan motornya seperti apa. Berikut hal-hal yang aku persiapkan sebelum melaukan perjalanan naik gunung menggunakan motor matic :

  • -         Service  dulu sebelum motor matic digunakan untuk melakukan perjalanan naik gunung. Biasanya akan di cek : v-belt (pengganti rantai untuk motor matic), kondisi aki motor matic dan radiator, busi, rem dan CVT, sert bersihkan juga filter udara,
  • -          ganti oli (ganti oli mesin dan oli gardan),
  • -          sebelum berangkat, isi bensin full tank.

 

Service  dan Ganti Oli

Berbicara soal tempat service  dan ganti oli, aku sudah menembukan bengkel motor yang menurut aku bagus tapi harganya ramah kantong. Di mana lagi kalau bukan Planet Ban.

 


Dulu, kupikir Planet Ban hanya jual ban saja. Etapi, ternyata di Planet Ban kita juga bisa ganti oli serta service  sepeda motor loh.

 

Aku memilih Planet Ban untuk service  dan  ganti oli, karena :

  • -          di Planet Ban menggunakan oli X-Ten tahan lama, tidak mudah panas, meminimalisir kehausan, membersihkan ruang mesin. Oli X-Ten ini sudah menggunakan teknologi ester. Kalau biasanya aku gani oli setelah jarak tempuh 2000km – 3000km, setelah beralih ke oli X-Ten aku berani ganti oli lagi setelah menempuh 5000km.
  • -          harga service  di Planet Ban itu ramah kantong. Untuk service motor injeknsi hanya Rp 20.000,- , service CVT (Continuosly Variable Transmission) hanya Rp 19.500,- dan service throttle body hanya Rp 20.000,-. Meskipun harganya terjangkau, tapi hasilnya sangat memuaskan. Kalau biasanya nih, habis service tapi masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang membuat motor teraa berat, nah kalau service di Planet Ban tidak akan menemui hal seperti itu karena service di Planet Ban semua bagian atau part mesin akan dibersihkan seperti baru. Mulai dari kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semua dibersihkan seperti baru sehingga tarikan jadi lebih enteng dan emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, serta mesin jadi bersih total.

 


Penutup

Boyolali mempunyai banyak sekali tempat wisata, café dan resto. Apalagi daerah pegunungan seperti Cepogo dan Selo. Tempat wisata, café, dan resto sudah menjamur.

 

Nah, buat yang ingin berwisata ke Selo, boleh mampir nih ke Lembah Manah Kopi. Oh ya, sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa service dan ganti oli kendaraannya agar perjalanan aman, nyaman, dan lancar 😊

 

TikTok : @ayo_dolanbareng

Instagram : @ayo_dolanbareng

17 komentar:

  1. Saya awalnya juga berpikir kalau Planet Ban sepeeti namanya hanya untuk hal berkaitan dengan ban. Ternyata tidak, di Planet ban bisa service oli juga. Jadi ga perlu jauh-jauh dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, dulu kupikir Planet Ban ya jual ban saja

      Hapus
  2. aku salfok asli sama kafenya, tapi biasanya kafe diatas bukit tuh butuh performa kendaraan yang baik ya, makanya harus banget rutin cek ke bengkel

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Kak, sepeda temenku habis dibawa ke Selo itu, pulang-pulang harus dibawa ke bengkel,

      Hapus
  3. Deket rumah ada nih Planet Ban. Samma dong, awalnya kukira tempat jualan ban doang. Ternyata lengkap ya sebagai tempat servis.
    BTW...cafenya nyaman dan elegan yah. Aku terpesona sama lantainya nih...Bagus, ada motifnya unik.
    Nama cafenya tuh kok mirip sama nama cucunya Presiden Jokowi yah? Tapi aku lupa dari putra yang mana. Cuma inget nama cucunya doang. Unik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya.. nama cucunya Pak Jokowi juga Lembah Manah, kayaknya adeknya Jan Ethes

      Hapus
  4. Kehadiran Planet Ban yang sudah tersebar di mana-mana membuat mudah untuk servis kendaraan. Tinggal jadwalkan nih secara berkala agar tidak terlupakan

    BalasHapus
  5. Penting banget ya sebelum jalan-jalan service motor dulu biar lancar dan aman perjalanannya. Senangnya bisa berlibur Lembah Manah Kopi. Keren tempatnya

    BalasHapus
  6. Mengecek kendaraan roda dua memang penting dong supaya tambah nyaman digunakan. Dengan perawatan rutin dan ditempat yang tepat akan membuat kendaraan jadi bisa digunakan optimal dan semakin hemat untuk digunakan

    BalasHapus
  7. Perjalanan lumayan jauh ditambah trek jalan lumayan menantang memang sebaiknya sebelum berangkat melakukan cek dulu kendaraan. Supaya rem, ban, oli, busi dll aman
    Jadi perjalanan menyenangkan

    BalasHapus
  8. Planet ban ini juga jd langgananku, cabangnya banyak jd memudahkan yg mau service motor ganti oli, pelayanannya jg oke banget. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  9. Service rutin untuk motor emang harus rutin dilakukan. Saya dan suami biasanya juga suka ke Planet Ban untuk service motor

    BalasHapus
  10. Wajib nih buat service motor sebelum diajak jalan2. Pastikan kondisi prima shg tdk mengganggu perjalanan. Kan ga asyik tiba2 mogok di jalan menuju destinasi wisata impian.

    Service motor di Planet Ban jd pilihan tepat tuh kak. Aku jg service motor di situ. Enak, ramah dan murah.

    BalasHapus
  11. Emang seru ya jalan-jakan pake motor. Semenjak bisa motoran sendiri aku jadi menikmati banget saat-saat mengendarai motor, apalagi kalau di sekeliling jalan pemandangannya bagus..

    BalasHapus
  12. Wow yaa.. tantangan terbesar saat menuju daerah dengan kontur jalan yang gak kaya biasanya. Pastinya motor kudu dalam keadaan fit agar tidak terjadi hal-hal diluar kendali. Ke Planet Ban dulu sebelum bersenang-senang ke Lembah Manah Kopi. Aku ngiler banget liat tempe mendoan. Huhuhu, enaaa~

    BalasHapus
  13. Lembah manah lagi tenar banget ya Wit wkwkwk pengen ke sana euy semoga ada rejeki aamin

    BalasHapus