Senin, 04 Desember 2017

#JADIBISA FAMILY TIME DI TENGAH KOTA SOLO

#JADIBISA FAMILY TIME DI TENGAH KOTA SOLO

Sebagai seorang working mom yang masih disibukkan juga dengan hobi, terkadang saya merasa berdosa karena saya tidak punya banyak waktu bersama anak. Bahkan, saat weekend maupun hari libur pun saya masih sok sibuk dengan agenda di luar. So, semakin berkuranglah waktu bermain bersama anak.

Pun dengan suami, sebagai kepala keluarga tentunya Beliau juga sibuk bekerja dan tak punya banyak waktu bersama saya maupun anak kami. Dan karena kesibukan masing-masing, anak kami bersama neneknya, jadi tak heran kalau dia terkadang lebih akrab dengan neneknya daripada sama orang tuanya.


Terkadang, saya sempat berpikir kepengen resign dari pekerjaan. Etapi, mendengar keluh ibu : “Di sekolahke duwur-duwur kok gur nang omah?” (Di sekolahkan tinggi-tinggi kok Cuma di rumah?” Ditambah lagi suami juga merestui kalau saya bekerja, meskipun sebenarnya juga lebih cuka kalau saya bekerja dari rumah sih.

Ingin membahagiakan orang tua dan memanfaatkan ilmu yang saya dapat. Itu adalah tekat saya, selain bekerja adalah mencari uang dan ibadah.

Dan tentunya, sayapun juga harus pandai-pandai mengatur waktu. Kalau sedari jam 07.00 sampai dengan 13.30 saya ngantor, sorenya adalah waktu saya bersama anak sembari mengurus rumah. Sementara soal hobi, saya harus menunggu anak saya tidur atau saat dia bermain dengan ayahnya. Untuk datang ke event-event atau agenda di luar kantor, saya mulai memilah-milah. Yah, semua karena saya tak ingin kehilangan banyak waktu bersama anak. Apalagi anak saya sedang dalam usia emasnya.


Maka dari itu, weekend minggu lalu saya memutuskan untuk staycation sekaligus family time. Secara yah, family time itu banyak sekali manfaatnya :
1.     Family time itu bisa menjalin keakraban antar anggota keluarga
2.    Family time bisa menghilangkan stress, yaiyalah wong kesehariannya berjibaku dengan segudang pekerjaan yang tak ada habisnya
3.    Family time bisa menjadi ajang sharing yang baik
4.    Family time bisa mengajarkan suatu hal baru pada anak
5.    Family time adalah waktu yang baik untuk menujukkan perhatian kita pada anak
6.    Family time bisa menambah kebahagiaan keluarga
7.    Family time juga bisa jadi ajang untuk memperhatikan perubahan pada anak

Banyak sekali manfaat family time. Dan family time saya bersama anak dan suami minggu kemarin adalah staycation. Yups, saya memilih staycation karena :
1.     Pengen piknik tapi cuaca hujan melulu, staycation adalah pilihan yang tepat
2.    Keseharian saya dan suami adalah bekerja, sementara rumah masih numpang orang tua, dengan staycation, saya, suami dan anak benar-benar memiliki family time tanpa takut keganggu siapapun

Karena staycation kali ini tuh niatnya adalah family time, saya benar-benar meluangkan waktu buat keluarga. Saya yang biasanya kemanapun membawa lepy, kali ini TIDAK. Sayang yang biasanya enggak bisa terpisahkan sama smartphone, kali ini TIDAK. Saya yang biasanya narsis dimanapun dan kapanpun, kali ini TIDAK. Dan hotel yang kami pilih juga bukan hotel yang ‘wah’ ataupun instagramable. Yang penting mah nyaman dan di tengah kota.

GRAND ORCHID SOLO – Hotel under 300K di tengah kota Solo

Biasanya, hotel yang berada di tengah kota itu harganya rata-rata mahal. Tapi, berbeda dengan hotel yang satu ini. Hotel bintang 2 ini memang tergolong hotel lama, tapi tempat yang strategis, harga murah tapi ruangan nyaman menjadi nilai plus tersendiri.

Grand Orchid Solo, hotel ini berada di antara Novotel Hotel dan Ibis Hotel. Hotel bertingkat 8 ini ternyata mempunyai 118 kamar dengan 6 tipe, yaitu :
ü  1 Royal Orchid Suite
ü  1 President Suite
ü  1 Suite Room
ü  6 Studio Suite
ü  59 Deluxe Rooms
ü  50 Superior Rooms

Dengan fasiltas setiap kamarnya adalah :
ü   AC Split
ü  LCD TV 32’’ dengan 41 TV Channel, IDD Calls
ü  Shower dengan air panas maupun dingin
ü  Mineral water
ü  Bathroom Amenities

Selain itu, Grand Orchid Solo juga mempunyai fasilitas lain, seperti :
ü  Welcome drink
ü  Gratis antar jemput dari atau ke airport/stasiun
ü  Fax dan email
ü  1 Restaurant dengan WiFi
ü  Landry dan dry cleaning
ü  24 jam room service
ü  2 meeting room dan 1 function room
ü  Rental mobil
ü  Massage dan spa

Sementara ruangan yang saya dapat kemarin adalah Deluxe Room  tanpa sarapan. Sebenarnya, untuk harga yang sama sich saya bisa dapat Deluxe Room with Breaksfast, etapi karena saya salah klik dan memang niat makan sembari menikmati Car Free Day Solo, okelah saya Cuma menikmati bobok syantiek di Grand Orchid Solo.

Review Grand Orchid Solo

1.     Area Parkir
Biasanya nih, area parkir untuk mobil dan motor itu kan beda tempat, tapi kalau di Grand Orchid mah jadi satu. Menurut saya, area parkirnya kurang luas. Pas saya masuk, pakai antre.
2.    Loby
Masuk dari parkiran, ada pintu kaca, langsung ada beberapa kursi dan satu meja. Masuk dikit baru receptionist, di depan receptionist juga ada beberapa kursi dan satu meja.


Pintu Masuk Grand Orchid Solo

Ruang Tunggu Setelah Pintu Masuk - Grand Orchid Solo

Receptionist - Grand Orchid Solo


Ruang Tunggu depan Receptionist - Grand Orchid Solo

Masih sama seperti area parkirnya, menurut saya lobynya kurang luas.

3.    Lift
Liftnya enggak Cuma satu atau dua, ada beberapa. Saya suka karena ada lift yang agak besar dan kecil.

4.    Kamar
Meskipun saya memilih kamar tipe deluxe, untuk hotel bintang 2, kamarnya sich lumayan. Lumayan luas, lumayan nyaman.

Saya memilih deluxe room dengan king bed. Bednya menurut saya gedhe, bisa muat 4 orang, hehehe.

Kunci Jendela mudah di buka

Kopi, Teh, Susu, Gula dan Creamer

Sofa di dekat jendela

Pembuat Kopi/Teh

Ada almari yang lumayan luas, 1 plastik laundry dan 1 sandal hotel.

Untuk minum sich lengkap, ada 2 botol air mineral, gula, creamer, teh maupun kopi serta thermos. Cuma enggak ada kulkasnya.

Yang saya suka dari Grand Orchid itu, selain ada meja kerjanya, ada juga sofanya. Oh ya, ada buku menunya yang menurut saya sich untuk kelas hotel mah terbilang murah. Etapi, saya malah enggak pesan dan enggak tahu restaurantnya. Jadi enggak ada reviewnya, yah... hehehe...

Yang kurang saya suka adalah jendelanya. Jendelanya ini bisa dibuka dan malah buat mainan sama anak saya. Apalagi di dekat jendela kan ada sofanya, jadi anak saya bisa naik dan main buka tutup jendela.

Oh ya, waktu itu saya dapat view ke arah kolam renang Ibis Hotel. Jadi dari dalam kamar bisa liat para pengunjung yang berengang. Hehehe... (doain next time bisa staycation di sana yah Guys, Aamiin)

5.    Kamar mandi
Hampir samalah kayak kamar mandi di hotel-hotel lain, ada shower dengan air dingin maupun air panas. Saya suka showernya, jadi shower zaman dulu, besar. Oh ya, untuk mandi, ada pembatas kacanya.




Toiletnya WC duduk. Ada 3 handuk, 2 handuk besar dan 1 handuk kecil. Ada 2 sikat gigi, 2 odol. Dan tempat sampahnya juga ada di kamar mandi. Etapi menurut saya, tempat sampahnya kurang gedhe. Hehehe...

Di depan pintu kamar mandi, pas keluar gitu kita bakalan langsung dapat kaca yang panjang yah. Kayak foto di bawah ini :


#BisaJadi Staycation dengan StayGuarantee Traveloka

Bener banget kalau saya pesan kamar di Grand Orchid ini lewat Traveloka. Mana saya pesannya itu jam 12 malam loh, makanya sampai salah klik. Maunya pesan yang Promo Deluxe with Breakfast malah ngeklik yang Deluxe Room Only. Wkwkwkwk...

Kenapa sih saya pesannya lewat Traveloka?
1.     Karena saya memang sudah menginstal aplikasinya.. LOL... #abaikan. Saya suka Traveloka itu karena Traveloka itu jaminan harga jujur. Jadi, harga yang tertera adalah harga final yang harus dibayar. Enggak ada dech tambahan harga lain seperti pajak atau endebrew-endebrew.
2.    Pembayaran di Traveloka itu beragam. Mulai dari transfer, kartu kredit, ATM, CIMB Cliks,    BCA Klikpay, Mandiri Debet, Indomart maupun Alfamart #kayakbelanjadionshop yah? Pas beli pulsa (Traveloka kan sekarag ada pulsa dan internetnya) saya pernah nyoba membayar lewat Indomart dan ATM. Etapi Cuma dikasih waktu buat bayar kurang lebih 10 menitan gitu. Enggak langsung bayar, #JadiBisa gagal #ehhh. Etapi pas pesan kamar hotel ini, karena jam 12 malam, saya bayar pakai BCA Klikpay. Udah langsung beres...
3.    Traveloka itu dilengkapi dengan fitur StayGuarantee. StayGuarantee yaitu jaminan dari Traveloka yang memastikan kita dapat menginap di akomodasi yang telah kita pilih. Dan saya bener banget merasakan fasilitas ini. Nyampai di hotel, ditanya  pesan atas nama siapa, diminta KTP, tanpa harus nunggu lama langsung dikasih kunci hotel. Enggak nyampai 10 menit loh, cepet banget pokoknya.

Buka Aplikasi Traveloka

Cari Hotel

Pesan Hotel

Review Pemesanan Hotel

Bayar Pemesanan

Voucher Hotel

Oh ya, fitur StayGuarantee ini bisa kita dapatkan jika melakukan klaim StayGuarantee, yaitu dengan cara :
ü  Buka aplikasi Traveloka (min versi 2.9) dan klik menu PESANAN
ü  Pilih pesanan hotel yang mau diklaim dan klik LIHAT VOUCHER HOTEL
ü  Lalu, ketuk tombol BUTUH BANTUAN CHECK-IN? Di voucher hotel kita, lalu ketuk KLAIM GARANSI
ü  Lengkapi formulir garansi dan AJUKAN PERMOHONAN KLAIM ANDA. Oh ya, untuk fitur StayGuarantee, Tim Support Traveloka butuh waktu kurang lebih 24 jam setelah kita mengajukan klaim yah.
4.    Traveloka itu banyak promonya. Instal dan download aplikasi Traveloka, itu beneran banyak promonta loh, saya kemarin memanfaatkan promo kupon diskon 15%
5.    Ada poinnya juga. Etapi, kalau sudah menggunakan kupon diskon, kita enggak dapat poin, #JadiBisa pilih salah satu yah, mau pakai kupon diskon apa mau poinnya?

Nah guys, ini adalah cerita family time saya dan keluarga kecil saya. Thankyuuu yah Traveloka, karenamu kami #BisaJadi family time dengan cara staycation murah meriah tapi enggak murahan... hehehe.. J


16 komentar:

  1. Pengen jalan-jalan ke Kota Solo, menikmati kulinernya

    BalasHapus
  2. Ahh ..kangen solo, kangen boyolali, kangen mudik, tapi si mbahnya dah meninggal tinggal nengokin pakde n bulik.

    Bulan lalu aku motor2an dr Jogja ke Solo, keliling2 tho, balik lagi neng Jogya hihii..
    Ahh, pokoke Traveloka oye banget, selalu menjadi andalan aku buat pesen hotel, kereta, dan tiket pesawat..

    BalasHapus
  3. saya juga suka pake traveloka. mudah dan murah. heheh

    BalasHapus
  4. Asyiknya bisa qualitytime time bareng keluarga..dihotel
    Anak-anak terlihat ceria dan menikmati..

    Traveloka emang kece banget lah ya..

    BalasHapus
  5. Semua #jadibisa dg traveloka yaa mbaa

    BalasHapus
  6. Suka ma kalimat ini, "Ingin membahagiakan orang tua dan memanfaatkan ilmu yang saya dapat. Itu adalah tekat saya, selain bekerja adalah mencari uang dan ibadah."

    BalasHapus
  7. Hujan melulu stay di hotel emang bisa jadi pilihan bagus

    Oya mbak... Ga ada pilihan name/url ya utk kolom komentarnya? Saran saya coba diaktifkan :)

    trims ya...

    BalasHapus
  8. Paling seneng kalau dapat hotel yang ada sofanya bisa buat bobo juga hahaaha
    Meski bintang dua tapi lumayan juga ya hotelnya, bis ajadi rekomendasi nih kalau ke Solo TFS ya mbak :D

    BalasHapus
  9. Seru banget nih staycation bareng keluarga. Quality time ya Mba :)

    BalasHapus
  10. Dilema ibu bekerja ya gitu, mba Witri, tapi yo wess dijalanin aja sampai mentok, btw enak yah hotelnya, nyaman banget

    BalasHapus
  11. Enaknya booking hotel di traveloka suka ada diskon nya lagi jadi tambah murah deh.

    BalasHapus
  12. Mbak ini hotel yang di status kemarin ya? wuih honeymoon hihi. senang ya order lewat Traveloka jadi lebih mudah dan murah

    BalasHapus
  13. Quality time bareng keluarga murah dan mudah lewat traveloka.

    BalasHapus
  14. cocok ni buat liburan akhir tahun ,thank buat sharingnya.

    BalasHapus
  15. Aku juga seringnya pilih staycation di hotel untuk piknik tipis2 sekalian quality time ama keluarga.. Paling suka booking lewat Traveloka. Bisa srkalian ngumpulin poin, hehehe..

    BalasHapus
  16. Wah quality time di Hotel, asyik banget. Belum pernah bisa kayak gitu

    BalasHapus